Loading...
Loading...
Demi Hidup yang Lebih Produktif, Kamu Perlu Menjadi Orang yang Lebih Rapi dan Tertata
Apakah kamu merasa pekerjaan dan aktivitasmu mulai kurang produktif? Ada beberapa penyebabnya. Mungkin kamu terlalu lelah, atau justru kamu memang perlu “membereskan” beberapa hal di dalam dirimu agar bisa kembali mengatur ritme demi produktif kembali. Salah satu hal yang perlu kamu lakukan mungkin dengan berberes.
Menurut riset yang dilakukan Brother, 4 dari 10 pekerja mengatakan memiliki ruangan rapi dan terorganisir membantu mereka lebih produktif. Kemudian, sekitar satu dari tiga orang mengatakan produktivitas dapat meningkatkan karir mereka.
Studi lain yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science menemukan, mereka yang menghabiskan waktu di kantor yang rapi cenderung jadi lebih produktif serta fisik dan mentalnya pun jauh lebih sehat.
Untuk itu, coba ingat-ingat lagi, bagaimana kondisi tempat atau meja kerjamu sekarang ini, apakah sudah rapi, atau justru memang perlu dirapikan lagi? Sebab kamu harus memahami, demi hidup yang produktif, bentuklah dulu diri sendiri agar lebih rapi dan tertata.
Lihatlah Meja Di Kantormu, Kurangi Barang Yang Sekiranya Sudah Tak Perlu
Melihat meja yang berantakan adalah salah satu hal yang membuat produktivitas jadi terhambat. Kamu membiarkan barang-barang semakin tertumpuk di satu tempat sampai entah kapan.
Sementara itu, pakar organisasi Jacquie Denny menyarankan untuk sekali-kali mengosongkan seisi meja atau ruang kerja terlebih dulu. Bahkan saat kamu di rumah, sekali waktu perlu mengosongkan meja kamarmu.
Kemudian mulailah taruh barang-barang yang penting seperti komputer hingga tempat berkas-berkas sesuai urutan terpenting. Atau tambahkan buku yang sekiranya bisa menunjang produktivitasmu.
Jadilah Lebih Bersih Dengan Membuang Sampah Yang Ada Di Sekitarmu
Hal sederhana seperti tak lupa membuang sampah yang ada di sekitarmu akan membuatmu terlatih untuk hidup rapi dan tertata. Dengan membuang sampah, kita pasti diingatkan lagi dengan pepatah “Kebersihan adalah sebagian dari iman,”.
Untuk itu, membuang sampah sekecil apapun tak akan merugikanmu, justru hal itu yang akan membuatmu kian jadi pribadi yang lebih rapi lagi dan semakin tertata.
Keluarkan Baju Yang Tak Lagi Dipakai Demi Lemari Yang Lebih Tertata
Selama berakhir pekan di rumah, coba ingat lagi apa yang sering kamu lakukan? Kalau sepanjang hari hanya berkutat dengan gawai, mengapa tidak mencoba untuk memakai waktu yang ada untuk merapikan isi lemarimu?
Kamu bisa memanfaatkan metode ala Marie Kondo atau mengikuti program kampanye minimalisme seperti yang digiatkan Fumio Sasaki. Dengan begini, waktu dan kegiatanmu selama berakhir pekan di rumah akan jadi lebih produktif lagi.
Membereskan lemari baju bukan hanya melahirkan tatanan baju yang lebih rapi, tapi sekaligus melepaskan penat setelah seminggu berkutat dengan aktivitas di kantor.
Saat Berangkat Ke Kantor, Benarkah Penampilanmu Sudah Benar-Benar Rapi?
Berpenampilan rapi akan membuat suasana hati jadi lebih baik. Ada alasan tersendiri kenapa kita tak perlu takut untuk selalu berpenampilan rapi, yaitu salah satunya untuk menemukan diri kita sendiri dan gaya apa yang paling sesuai dengan kita.
Orang yang selalu mengusahakan untuk berpenampilan rapi biasanya akan lebih produktif dalam mengerjakan pekerjaan dan tanggungjawabnya. Ini dikarenakan adanya dorongan dalam diri untuk selalu berbuat demikian dan dimulai dari ia berangkat bekerja.
.
Jadi, kapan mau mulai produktif lagi?
Loading...